fbpx

Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pengertian dan Implementasinya

Apakah Sobat Ebiz pernah merenungkan soal keberadaan perguruan tinggi? Perguruan tinggi sebagai tempat berkembangnya ilmu merupakan sebuah instansi yang telah berdiri dari zaman ke zaman. Lantas, apa yang menjadi tujuan didirikannya perguruan tinggi? Hal tersebut sesungguhnya dapat dijawab oleh konsep tri dharma perguruan tinggi. Sebagai seorang akademisi yang berkecimpung di dunia pendidikan, kamu wajib tahu mengenai hal tersebut. Simak selengkapnya melalui tulisan berikut, ya!

Tri dharma perguruan tinggi menjadi fondasi filosofis atas seluruh sivitas akademik.

Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi?

Mahasiswa sebagai kaum intelektual merupakan figur yang sepatutnya diharapkan dapat memberikan sumbangsih pada masyarakat. Dalam memanifestasikan hal tersebut, dikenal istilah tri dharma perguruan tinggi yang pertama kali diperkenalkan oleh Kemendikbud. Pada dasarnya, tri dharma perguruan tinggi merupakan tanggung jawab seluruh bagian sivitas akademik seperti mahasiswa dan juga dosen. Gagasan ini menjadi pola pikir yang mendasari aktivitas seorang akademisi. Terdapat tiga pilar utama di dalamnya yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

1. Pendidikan

Pilar pertama yaitu pendidikan melingkupi segala bentuk aktivitas pengajar. Sebuah lembaga pendidikan memiliki visi utama dalam membentuk karakter dan potensi siswa. Hal ini juga sebagai upaya dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang penuh kreativitas dan inovasi. Dengan demikian, perguruan tinggi diharuskan menjadi wadah dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

2. Penelitian

Universitas sebagai sarana pendidikan juga menjadi tempat bagi para akademisi untuk mengembangkan ide dan gagasan yang kemudian dituangkan dalam sebuah penelitian. Melalui penelitian, diharapkan dapat dikembangkan teori, konsep, atau informasi yang memiliki kebaruan dalam berbagai disiplin ilmu. Aktivitas ini juga melatih pola pikir kritis dan kreatif dalam menghadapi suatu permasalah, terutama isu-isu yang ada di sekitar kita.

3. Pengabdian kepada masyarakat

Poin terakhir dalam tri dharma perguruan tinggi mewajibkan seluruh sivitas akademik untuk turut serta mengabdikan diri pada masyarakat. Tidak hanya secara langsung turun tangan ke lapangan, tetapi juga lewat sumbangsih ide dan gagasan sebagaimana seorang cendekiawan bekerja. Kolaborasi dari berbagai bidang studi dapat melahirkan inovasi yang pada akhirnya dapat turut membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai fenomena di dalamnya. Oleh karena itu, ilmu yang dipelajari diharapkan tidak hanya berguna bagi diri sendiri, melainkan nusa, bangsa, dan negara.

Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Mengimplementasikan artinya menerapkan filosofi yang ada menjadi hal nyata, beberapa hal ini adalah contoh sederhana dari implementasi tri dharma perguruan tinggi di dunia nyata, yaitu:

  1. Dalam hal pendidikan, terapkan keinginan untuk bertumbuh dan berkembang sebagai seorang akademisi. Artinya, belajar dengan keras dan penuh kesungguhan untuk memaksimalkan potensi dalam menjadi versi terbaik. Ilmu yang dipelajari tersebut pastinya akan berguna ke depannya entah bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebagai contohnya, seorang mahasiswa farmasi diharapkan dapat belajar sebaik mungkin hingga ilmunya kelak dapat membantu dalam pengembangan obat-obatan modern.
  2. Dalam hal penelitian, hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah mengerjakan tugas akhir seorang mahasiswa, yaitu skripsi, tesis, dan disertasi. Ketiga hal tersebut merupakan penelitian yang gagasannya didasarkan pada fenomena di sekeliling kita. Selain itu, program penelitian seperti PKM dan lainnya pun dapat dilakukan dalam mengimplementasikan konsep penelitian.
  3. Pengabdian pada masyarakat umumnya dilakukan mahasiswa dalam mata kuliah KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agent of change yang memberikan perubahan nyata bagi masyarakat. Pengabdian lainnya pun biasanya diwujudkan seperti kegiatan mengajar anak-anak, memberikan solusi atas permasalahan di suatu komunitas, dan segenap aktivitas positif lainnya. 

Nah, Sobat Ebiz, sekarang sudah paham mengenai konsep tri dharma perguruan tinggi bukan? Mari kita bersama-sama memegangnya sepenuh hati dan menerapkannya sebagai bagian dari akademisi Indonesia. Ikuti @ebizmark.id dan kunjungi Ebizmark Blog untuk dapatkan informasi menarik lainnya!

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.