fbpx

Serba-serbi Double Degree: Apa Kesulitannya?

Dalam dunia perguruan tinggi, dikenal istilah double degree. Hal tersebut merujuk pada dua gelar yang diperoleh seseorang. Terdapat beragam alasan seseorang memutuskan untuk mencobanya seperti keinginan untuk mengejar passion sesungguhnya, ingin mempelajari bidang ilmu lainnya, memperlebar karir, dan lain-lain. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu pelajari mengenai double degree. Simak seluruhnya di artikel berikut, ya!

Melalui double degree, kamu memiliki kesempatan meraih dua gelar secara sekaligus.

Apa itu Double Degree?

Double degree adalah program yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengejar dua gelar dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan. Selayaknya program perkuliahan pada umumnya, mahasiswa akan menyelesaikan kurikulum, magang, dan tugas akhir yang diberikan sebagai syarat memperoleh gelar. Double degree dapat dilaksanakan di satu kampus yang sama, atau berbeda. Gelar yang diperoleh dapat pada jenjang yang sama seperti dua gelar S1 atau dua gelar S2, atau dua jenjang yang berbeda seperti gelar S1 dan S2. 

Manfaat Double Degree

Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh, beberapa di antaranya adalah:

  1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas. Dengan mempelajari dua disiplin ilmu yang berbeda, mahasiswa dapat memperluas cakrawala pengetahuan dan keterampilannya.
  2. Koneksi yang lebih luas. Mahasiswa dapat menjalin relasi di dua tempat yang berbeda dan terhubungan dengan lebih banyak orang-orang.
  3. Peluang karir yang tinggi. Bayangkan seorang lulusan bahasa jepang yang juga memiliki gelar ekonomi. Kesempatan membangun karirnya pasti jauh lebih luas.
  4. Memiliki perpspektif yang beragam. Dengan dua disiplin ilmu yang berbeda, tentunya dapat membuat seorang akademisi memandangan suatu permasalahan tidak hanya lewat satu perspektif belaka.

Tantangan yang Perlu Dihadapi

Dalam menjalani double degree, ada beberapa hal yang pasti menjadi tantangan untukk dihadapi, di antaranya yaitu:

  1. Memakan waktu yang lebih lama. Karena ada dua program yang harus dijalani, pendidikan dapat membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang dibandingkan kuliah reguler.
  2. Beban studi yang lebih banyak. Sebagaimana diketahui, mahasiswa diharuskan memenuhi Satuan Kredit Semester (SKS) untuk dapat lulus dan menerima gelar. Artinya, mahasiswa dapat dipastikan memiliki lebih banyak beban studi.
  3. Beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda. Berada di dua lingkungan yang berbeda mengharuskan seseorang untuk dapat berdaptasi dengan perbedaan yang ada. Tiap tempat tentunya memiliki ciri dan kebutuhan yang berbeda.
  4. Biaya kuliah yang cukup besar. Dengan dua program studi sekaligus, tentunya biaya yang dikeluarkan dapat lebih besar dari reguler.
  5. Keharusan menjaga motivasi dan tetap konsisten. Dengan beragam kesulitan yang ditempuh, pastinya ada masa seseorang merasa lelah dan ingin menyerah. Oleh karena itu, diharuskan bagi pengejar double degree untuk dapat tetap menjaga motivasi dan tetap konsisten atas apa yang dilakukan.

Program Double Degree

Terdapat beberapa cara seorang mahasiswa untuk mengikuti programnya, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Melalui penawaran program double degree. beberapa universitas memiliki program khusus yang memungkinkan siswa mengambil dua bidang studi sekaligus.
  2. Lewat program minor. Di beberapa universitas, program minor dapat digabungkan dengan program utama, memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari dua bidang studi yang berbeda, meskipun tidak sepenuhnya seimbang.
  3. Melalui konsentrasi. Beberapa program sarjana memiliki konsentrasi yang dapat dipilih sebagai bidang studi tambahan. 
  4. Melalui program tambahan. Beberapa universitas menawarkan program tambahan, seperti program sarjana profesional atau program sarjana kedua, yang dapat digabungkan dengan program utama. 
  5. Melalui program dua gelar. Beberapa universitas menawarkan program dua gelar, di mana siswa dapat menyelesaikan program sarjana dua kali dan mendapatkan dua gelar sarjana. 

Universitas di Indonesia yang Menyediakan Double Degree

Terdapat beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan programnya, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Universitas Indonesia (UI). Lewat kelas internasional, UI bekerja sama dengan beberapa kampus luar negeri dengan beragam pilihan program studi.
  2. Universitas Gadjah Mada. Beberapa universitas di jepang seperti Universitas Ibaraki, Universitas Keio, Universitas Ritsumeikan Asia Pacific, dan lain-lain, turut bekerja sama dengan UGM.
  3. Universitas Brawijaya. Terdapat program double degree di UB untuk menyelesaikan dua gelar S2 secara bersamaan.
  4. Universitas Airlangga. Unair menyediakan program yang disebut International Undergraduate Program dan menyediakan 9 pilihan program studi.
  5. Universitas Islam Indonesia. UII menjadi pelopor sebagai universitas islam pertama di Indonesia yang memiliki program double degree.
  6. Universitas Pelita Harapan. UPH menjadi salah satu PTS yang memiliki program double degree dan turut bekerja sama dengan universitas luar negeri sepertiRoyal Melbourne Institute of Technology (RMIT), La Trobe University, University of Newcastle, Swiss Education Group, dan International Management Institute.
  7. Universitas Bina Nusantara. BINUS menyediakan 4 program studi dalam programnya.

Apakah kamu berminat dalam menjalani program double degree? Semoga artikel tersebut dapat menjadi pengetahuan baru untuk kamu Sobat Ebiz! Untuk informasi menarik lainnya, ikuti @ebizmark.id dan kunjungi Ebizmark Blog!

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.