fbpx

Cuan Jadi Dosen: Ini Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Dosen 

Menjadi dosen di Indonesia adalah pekerjaan yang penuh dengan tantangan. Selain beban akademik yang perlu dipenuhi, terdapat juga beban administrasi yang rumit dan menguras tenaga. Ironisnya, saat ini kesejahteraan dosen masih berada di bawah standar hidup yang layak dengan gaji dan tunjangan yang masih kurang memenuhi kecukupan. Oleh karena itu, dosen dituntut juga untuk menjadi kreatif dalam mencari penghasilan tambahan, di antaranya adalah menemukan pekerjaan sampingan. Artikel ini akan membahas beberapa pekerjaan sampingan untuk dosen yang dapat dicoba. Simak selengkapnya di bawah ini, Sobat Ebiz!

Pekerjaan sampingan bagi dosen menjadi opsi yang dilakukan untuk menambah penghasilan.

Kenapa Dosen Harus Punya Pekerjaan Sampingan?

Sebagaimana diketahui, gaji dosen di Indonesia dianggap kurang layak. Bahkan hal tersebut sempat memicu keramaian di media sosial ketika tagar #JanganJadiDosen viral pada awal tahun 2024 lalu. Oleh karena itu, memiliki pekerjaan sampingan sebagai dosen tentunya merupakan opsi untuk tetap dapat survive di tengah situasi yang menggempur. Tentu, isu tersebut seharusnya dapat diselesaikan oleh pemerintah dengan memperbarui kebijakan. Bagaimanapun, “menjemput” rezeki secara mandiri bukan hal yang buruk karena kesempatan bertebaran dimanapun. Memiliki pekerjaan sampingan menjadi hal yang layak dicoba selagi menunggu perbaikan datang. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Pekerjaan Sampingan

Meskipun memiliki pekerjaan sampingan, perlu digarisbawahi bahwa menjadi dosen adalah pekerjaan utama dan tetap harus diprioritaskan. Oleh karena itu, ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pekerjaan sampingan, yaitu:

  1. Tidak mengorbankan mahasiswa: Sebagai dosen, salah satu kewajiban utamanya adalah mengajar, sebagaimana tercantum dalam tri dharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, pekerjaan sampingan yang dimiliki sebaiknya tidak membuat mahasiswa terbengkalai tanpa mendapatkan pengajaran.
  2. Dapat dijalankan secara fleksibel: Ada baiknya pekerjaan sampingan yang dipilih dapat dijalankan secara fleksibel, dimanapun dan kapanpun. Pada dasarnya, dosen sudah memiliki cukup banyak kewajiban sehingga pekerjaan sampingan yang bersifat fleksibel memungkinkan pekerjaan tersebut dilakukan pada hari libur atau malam hari.
  3. Diusahakan berkaitan dengan pendidikan: Meskipun tidak harus, tapi ada baiknya pekerjaan sampingan tersebut berkaitan dengan pendidikan. Hal tersebut dapat membuat skill atau kemampuan di bidang pendidikan meningkat. Istilahnya, “sambil menyelam minum air,” menambah penghasilan sekaligus upgrade diri.

Pekerjaan Sampingan untuk Dosen

1. Menjadi Content Creator

Menjadi content creator saat ini merupakan profesi sampingan yang umum ditemui. Dengan beragam pilihan platform seperti YouTube, Instagram, WordPress, TikTok, dan lain-lain, dosen memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis konten dan medium yang diinginkan. Konten yang dibuat juga dapat terkait dengan bidang yang digeluti di perkuliahan seperti marketing, bahasa, dan sejenisnya, atau bahkan seputar hobi yang dimiliki. Temukan niche dan keunikan yang menjadi selling point bagi konten yang akan dibuat.

2. Menjadi Pembicara

Menjadi seorang dosen artinya memiliki keahlian atau expertise di suatu bidang tertentu. Banyak sekali seminar, webinar, atau acara yang membutuhkan suara ahli sebagai pembicara. Oleh karena itu, penting untuk membangun jejaring koneksi dan mempertajam keahlian yang dimiliki. Membangun nama lewat penelitian dan publikasi juga dapat menumbuhkan kredibilitas sebagai pembicara. 

3. Menulis dan Menerbitkan Buku

Pada dasarnya, menerbitkan buku merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang mewajibkan dosen melakukan penelitian di bidang ilmiah. Selain itu, menerbitkan buku juga membantu dosen dalam hal kenaikan pangkat. Tentunya, buku yang diterbitkan akan menjadi penghasilan tambah dari royalti yang diterima. Bagaimanapun, menulis dan menerbitkan buku dapat digeluti secara serius sebagai pekerjaan sampingan. Selain buku ilmiah atau textbook yang berkaitan dengan profesi sebagai dosen, buku-buku seperti karya sastra atau self-improvment juga dapat menjadi opsi penulisan.

4. Mengajar di Kampus Lain

Mengajar di kampus lain yang dimaksud di sini adalah menjadi dosen tamu atau kerap dikenal sebagai “dosen terbang”. Pekerjaan sampingan ini cocok untuk seseorang yang memang pada dasarnya memiliki passion tinggi dalam mengajar dan bertemu orang-orang baru. Dengan demikian, dosen tidak akan mengajar di kampus sendiri saja, melainkan di kampus lainnya juga yang telah ditetapkan waktunya. Pengajaran dapat dilakukan dalam satu waktu, atau bahkan dalam jangka waktu satu semester, tergantung perjanjian yang ditentukan.

5. Menjadi Pembimbing

Menjadi pembimbing pada dasarnya merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan dosen di lingkup akademik kampus. Beberapa piliha di antaranya, pembimbing (pendamping) lapangan untuk kegiatan KKN, magang, atau membimbing skripsi. Menjadi pembimbing dapat dipastikan menambah penghasilan dosen karena akan mendapatkan honor.

6. Menjadi Tutor Privat

Banyak sekali murid yang menginginkan jasa tutor secara privat. Dengan bayaran yang umumnya per jam, menjadi tutor privat dapat menjadi opsi pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan dosen. Pekerjaan ini juga masih berada dalam lingkup pengajaran yang pastinya mudah dan tidak perlu waktu adaptasi yang lama.

7. Membuka Usaha

Opsi ini pastinya diminati bukan hanya oleh dosen, melainkan masyarakat pada umumnya. Usaha yang dilakukan dapat sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan akademik seperti menjalankan penerbitan buku, membuka jasa pelatihan, menjadi penerjemah, dan sejenisnya. Bagaimanapun, usaha tersebut dapat disesuaikan juga dengan minat dan market yang ada. Sebagai contohnya, merintis usaha online atau membuka jasa laundry juga hal yang dapat dilakukan. Pilihan sepenuhnya ada di tangan pelaku usaha.

Berikut tadi merupakan beberapa pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh dosen. Sebagaimana diungkapkan sebelumnya, pekerjaan sampingan diharapkan dapat menjadi “cuan” dan membantu dosen untuk survive di tengah tantangan profesi sebagai dosen. Ingin fokus pekerjaan sampingan dan mengerjakan penelitian dengan mudah dan cepat? Konsultasi ke MyData sekarang! Update juga informasi menarik lainnya di Ebizmark Blog dan Instagram @ebizmark.id, ya!

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.