fbpx

5 Alat Online Bermanfaat untuk Siswa

Abad ke-21 telah membuat hidup siswa lebih mudah dengan menyediakan berbagai alat dan perangkat lunak online. Tidak masalah jika Anda perlu menulis tugas atau harus menyelesaikan makalah penelitian, Anda dapat mengandalkan ini, yang akan membantu Anda membuat makalah yang unik dan menarik.

Ada banyak alat berbeda yang tersedia di internet, dan jika Anda memeriksa setiap alat satu per satu untuk melihat mana yang lebih baik, maka itu akan membuang-buang waktu. Jadi, bagaimana Anda bisa mengetahui alat mana yang bisa menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi Anda?

Jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami telah menemukan lima alat terbaik dan paling bermanfaat yang dapat membantu siswa dalam segala hal. Kami akan berbicara tentang fitur utama mereka, pro dan kontra, dan harga mereka.

Mari kita mulai!

5 Alat Online Terbaik dan Bermanfaat untuk Siswa

Berikut adalah lima alat online terbaik dan paling membantu, terutama bagi siswa. Ingat, alat yang akan kami sebutkan adalah free yaitu, gratis untuk digunakan, tetapi Anda juga dapat membeli paket berbayar mereka.

1. Evernote

Evernote adalah alat yang sangat membantu bagi siswa dalam menyelesaikan tugas, esai, atau jenis makalah apa pun. Ini adalah perangkat lunak berbasis cloud yang mengatur, mengelola, membuat, dan menyimpan file dan dokumen sehingga ketika Anda membutuhkannya, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Dengan bantuan Evernote, siswa dapat dengan mudah mengatur makalah dan catatan akademis mereka. Mereka dapat membuat daftar tugas untuk terus mengingatkan diri mereka sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan mereka yang belum selesai atau tertunda.

Ini adalah aplikasi yang berguna untuk melakukan banyak pekerjaan di satu tempat. Anda juga dapat mengelola pekerjaan Anda di aplikasi seluler Evernote.

Fitur utama

Selanjutnya, mari kita lihat fitur-fitur utama Evernote.

  • Siswa juga dapat menggunakan Evernote dalam mode offline.
  • Ini juga menyediakan opsi untuk langsung mengakses kamera ponsel untuk menangkap gambar catatan fisik apa pun.
  • Ini juga menyediakan daftar tugas dan integrasi Kalender.
  • Siswa juga dapat memperbarui file pdf mereka.

Pro & Kontra

Berikut adalah pro dan kontra dari Evernote.

Pro Kontra
Gratis untuk memulaiTidak memiliki fitur simpan otomatis
Antarmuka yang ramah penggunaCukup sulit untuk berbagi informasi
Juga tersedia sebagai aplikasi selulerPaket premiumnya mahal
Siswa juga dapat mengubah file PDF mereka 
Ini juga menyediakan berbagai template berguna. 

Paket Harga

Evernote juga menawarkan versi premium, di mana Anda akan mendapatkan akses ke semua fitur-fiturnya. Anda juga dapat menggunakan Evernote secara gratis tetapi dengan batasan tertentu seperti Anda hanya akan mendapatkan 60MB untuk mengunggah file. Tetapi batas ini akan meningkat menjadi 10GB hingga 20 GB (tergantung pada paket Anda) per bulan.

2. ChatGPT by OpenAI

Jika Anda masih belum mengetahui ChatGPT pada tahun 2023, maka Anda harus mendapatkan informasi tentangnya hari ini. Ini adalah alat asisten menulis online yang menggunakan teknologi GPT-3 dan GPT-4 canggih (hanya untuk pengguna berbayar) yang dikembangkan untuk membantu siswa dengan cepat mendapatkan ide tentang pekerjaan mereka dalam waktu singkat.

Siswa dapat menggunakan ChatGPT untuk melakukan penelitian mendalam tentang suatu topik untuk menyelesaikan tugas atau esai mereka. Mereka hanya perlu memberikan pertanyaan, dan itu akan memberikan jawaban terbaik terkait dengan pertanyaan Anda.

Siswa yang ingin mendapatkan informasi tentang topik yang tidak mereka kenal dapat menggunakan ChatGPT.

Fitur utama

Berikut adalah fitur utama ChatGPT.

  • Dapat menjawab semua jenis pertanyaan (tidak menyinggung)
  • Siswa dari seluruh penjuru dunia dapat menggunakan ChatGPT.
  • Tersedia secara gratis, tetapi juga memiliki versi premium di mana Anda akan bisa mendapatkan akses ke versi terbarunya (ChatGPT 4)

 

Pro & Kontra

Selanjutnya, mari kita lihat pro dan kontra dari ChatGPT.

ProKontra
Antarmuka yang mudah digunakan Data usang (hingga Sep 2021)
Memungkinkan untuk mengunduh hasil yang dihasilkanTerkadang responsnya sangat menjengkelkan
Ketersediaan 24/7Perlu mendaftarkan diri Anda
Mode gelap tersedia 
Pengguna dapat mengaksesnya dari ponsel. 

Paket Harga

Anda dapat menggunakan ChatGPT secara gratis, tetapi versi gratisnya (ChatGPT 3 atau 3.5) hanya memiliki data hingga September 2021, yang berarti Anda tidak akan bisa mendapatkan jawaban tentang berita atau hal-hal terbaru. Jadi, dalam skenario ini, Anda bisa mendapatkan versi premium mereka dan akan bisa mendapatkan akses ke ChatGPT 4 terbaru yang dirilis.

3. Check-Plagiarism

Check-Plagiarism adalah alat berbasis AI yang membantu siswa memeriksa tugas, esai, atau makalah mereka untuk kemungkinan plagiarisme. Ini adalah alat freemium yang juga dapat Anda gunakan secara gratis dengan batas 1.000 kata per pencarian.

Pemeriksa plagiarisme ini memiliki akses ke miliaran halaman web, eBook, dan jurnal, yang menjadikannya alat yang sempurna bagi siswa untuk melihat apakah karya akademis mereka 100% unik atau tidak.

Hal yang baik tentang pemeriksa online ini adalah jika menemukan plagiarisme di makalah Anda, itu akan menyorotnya dan memberi Anda tautan sumber asli dari mana ia diambil atau disalin. Anda dapat menggunakan tautan sumber untuk tujuan kutipan atau referensi.

Fitur utama

Kami telah mencantumkan di bawah ini fitur-fitur utama yang ditawarkan Check-Plagiarisme:

  • Gratis untuk memulai dengan hitungan 1.000 kata.
  • Tersedia dalam lebih dari dua puluh bahasa
  • Berikan opsi untuk mengaktifkan penelusuran mendalam.
  • Siswa juga dapat mengecualikan URL atau sumber tertentu sehingga alat tidak akan memindai teks mereka melalui tautan tertentu tersebut.

Pro & Kontra

Mari kita periksa pro dan kontra dari Check-Plagiarisme.

ProKontra
Gratis untuk memulaiTerlalu banyak iklan di layar alat (dalam versi gratis)
User-friendly interfaceSelalu membutuhkan captcha (dalam versi gratis)
Juga tersedia sebagai aplikasi selulerItu tidak memiliki mode gelap
Siswa juga dapat memperbarui file PDF mereka 
Dukungan obrolan langsung 24/7 tersedia 

Paket Harga

Check-Plagiarism menawarkan versi gratis dan premium. Dalam versi premiumnya, tidak akan ada batasan, dan Anda akan bisa mendapatkan pengalaman penuh dengan alat ini. Versi premium Check-Plagiarism menyediakan beberapa paket, dan Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda (ditunjukkan di bawah).

4. Paraphraser

Paraphraser juga merupakan alat online yang dapat membantu siswa memparafrasekan tulisan mereka untuk kualitas, kejelasan, dan keterbacaan yang lebih baik. Alat ini menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dalam algoritmanya yang membantunya memindai teks dan memparafrasekannya dengan kata-kata yang berbeda tanpa mengganggu arti sebenarnya.

Ini menggantikan kata-kata dengan sinonim yang sesuai dan mengubah struktur kalimat untuk memparafrasekan secara akurat.

Alat parafrase ini menyediakan enam mode penyusunan ulang yang berbeda, Kefasihan, Standar, Pengubah Kata, Kreatif, Lebih Cerdas, dan Mempersingkat. Masing-masing modenya sangat efektif dalam melakukan tugasnya.

Fitur utama

Berikut adalah fitur utama Parafrase:

  • Gratis untuk memulai dengan batasan.
  • Tersedia dalam  dua puluh dua bahasa yang berbeda
  • Tawarkan enam mode penyusunan ulang yang berbeda.
  • Beberapa opsi untuk mengimpor file teks.
  • Memungkinkan untuk mengubah kata-kata dengan sinonim yang disarankan.

Pro & Kontra

Selain itu, mari kita lihat pro dan kontra.

ProKontra
Antarmuka yang mudah digunakanIklan di layar (hanya dalam versi gratis)
Dukungan obrolan langsung 24/7 tersediaBelum memiliki mode gelap
Tidak perlu mendaftar sebagai pengguna gratis 
Juga, terima file pdf 

Paket Harga

Anda dapat menggunakan Parafrase secara gratis tetapi dengan batasan tertentu seperti enam ratus kata per kueri, hanya tiga mode parafrase, dan iklan yang mengganggu di layar. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman penuh dari alat parafrase ini, Anda bisa mendapatkan versi premium mereka, yang hadir dalam dua paket Dasar dan Perusahaan. Sebagai seorang siswa, paket dari Basic akan bagus dan lebih murah untuk Anda.

5. Grammar Check

Kesalahan tata bahasa adalah kesalahan paling umum yang ditemukan dalam tulisan siswa, yang dapat menurunkan kualitas tulisan Anda, dan, sebagai hasilnya, menurunkan nilai. Jadi, dalam situasi ini, Grammar Check adalah alat yang harus dimiliki oleh siswa karena dapat membantu mereka meningkatkan tulisan mereka dengan menemukan dan memperbaiki kesalahan tata bahasa di dalamnya.

Alat ini didasarkan pada teknologi NLP yang membantunya memindai dan menganalisis teks untuk menemukan segala jenis tata bahasa, tanda baca, atau kesalahan ejaan dalam teks. Jika Grammar Check menemukan kesalahan dalam teks yang diberikan, maka itu akan menyorotnya dan memberi Anda saran untuk memperbaikinya.

Hal yang baik tentang alat ini adalah tidak ada batasan penggunaannya, dan semua fiturnya tersedia secara gratis. Anda tidak perlu membeli versi premiumnya untuk mendapatkan akses ke salah satu fitur spesifiknya.

Fitur utama

Baca di bawah ini fitur utama Pemeriksaan Tata Bahasa.

  • Ini tersedia dalam lima bahasa yang berbeda, termasuk Inggris, Spanyol, Prancis, Belanda, dan Italia.
  • Ini tersedia secara gratis tanpa batasan apa pun.
  • Ini menyoroti kesalahan atau kesalahan dalam warna yang berbeda, seperti kesalahan ejaan (merah), kesalahan tata bahasa (kuning), dan kesalahan tanda baca (biru).
  • Menyediakan opsi dari mana Anda dapat memperbaiki semua kesalahan dengan satu klik.
  • Anda juga dapat mengunduh teks yang dihasilkan dalam file DOC atau menyalinnya ke clipboard.

Pro & Kontra

Sekarang, mari kita periksa pro dan kontranya.

ProsCons
Gratis untuk memulaiTerkadang memberikan saran yang salah
Antarmuka yang ramah penggunaTidak ada dukungan obrolan langsung yang tersedia
Juga tersedia sebagai aplikasi seluler 
Siswa juga dapat mengubah file PDF mereka. 
Ini juga menyediakan berbagai template berguna. 

Paket Harga

Grammar Check tersedia secara gratis dan belum memiliki versi premium.

Kesimpulan

Artikel ini adalah tentang lima alat yang bermanfaat bagi siswa. Kami telah membahas ChatGPT, Paraphraser, Evernote, Grammar Check,dan Check-Plagiarism. Semua alat ini dapat membantu siswa dengan cara mereka. Misalnya, Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk melakukan penelitian (mendalam) tentang topik apa pun. Demikian pula, Anda dapat menggunakan Paraphraser untuk meningkatkan kualitas keseluruhan pekerjaan akademis Anda.

Anda juga dapat menggunakan Evernote untuk menyimpan informasi berharga, membuat catatan akademik, dan mengelola semua pekerjaan Anda di satu tempat. Anda juga dapat menggunakan Grammar Check untuk meningkatkan tulisan Anda dan memperbaiki semua kesalahan tata bahasa Anda dalam tugas atau esai Anda. Dan akhirnya, Check-Plagiarism dapat membantu Anda mendeteksi teks yang dijiplak dari sumber lain. Semoga alat ini akan membantu Anda selama kehidupan siswa Anda.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.