Membuat Abstrak Skripsi Otomatis, berserta Contoh

Membuat abstrak dengan karakteristik tulisan yang dapat mencakup intisari keseluruhan karya secara singkat dan padat tentunya memerlukan keterampilan menulis yang apik. Lantas, apakah menggunakan mesin pembuat abstrak otomatis adalah solusi?

Seberapa Penting Abstrak Skripsi?

Secara umum, tidak hanya dalam pengerjaan skripsi yang menyertakan abstrak. Abstrak merupakan salah satu standar pada format tulisan ilmiah yang isinya berupa ringkasan intisari isi dari karya tulis. Sama halnya seperti kedudukan salad buah sebagai appetizer, abstrak disajikan pada bagian awal suatu karya tulis. Tidak hanya merangsang minat pembaca mengenai topik karya ilmiah yang ditulis, fungsi abstrak juga memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi isi karya tulis tersebut secara tepat dan akurat. Pentingnya abstrak pada sebuah karya tulis, khususnya skripsi menyadarkan setiap penulis untuk dapat membuat abstrak yang dapat mencakup secara ringkas dan tepat hasil serta kesimpulan utama dari penelitian yang dilakukan. Tidak heran apabila baru di bagian awal proposal alias abstrak, terdapat banyak mahasiswa yang mendapatkan coretan revisian penuh cinta dari sang dosen, cie cie cie.

Tips Cara Membuat Abstrak Skripsi/Karya Ilmiah

Poin utama yang membuat abstrak terasa sulit adalah menyajikan tulisan ringkas namun detail dan mudah dipahami secara konteks dan kontennya. Jangankan berupa paragraf singkat, dalam bentuk tulisan panjang lebih dari 250 kata saja terkadang tidak efektif. Betul apa betul?.

Cara membuat abstrak suatu karya ilmiah agar mudah, harus terlebih dahulu mengetahui poin-poin penting yang wajib ada pada abstrak. Poin-poin penting tersebut dapat SohibEbiz temukan dalam rangkuman tips cara membuat abstrak anti ngang ngong ngang ngong. Ayo simak dalam ulasan berikut ini!.

1. Menyajikan Tulisan yang Isinya Daging Semua

Seperti yang telah diulas, bahwasannya abstrak merupakan gambaran terhadap isi keseluruhan karya tulis sehingga tidak asal copy paste topik bahasan. SohibEbiz dapat merancang abstrak yang padat informasi dengan menyertakan unsur-unsur berikut.

a. Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian beserta alasan, tinjauan, dan kajian yang dilakukan.

b. Ulasan alur penelitian yang dilakukan dan metode yang digunakan.

c. Pernyataan singkat hasil penelitian yang dilakukan dan prospeknya di masa depan.

Sebelum menulis abstrak dalam suatu paragraf yang utuh, pastikan bahwa tidak ada unsur-unsur penting yang tertinggal agar bisa menjadi paragraf yang padu sehingga mudah dipahami oleh para pembaca.

2. Hindari Menulis Beranak Pinak dan Berantakan

Abstrak hanya ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah kata tertentu. Pada peraturan umumnya, jumlah kata pada abstrak tidak lebih dari 250 kata. Ketentuan jumlah kata berlaku mengikuti aturan yang berlaku sesuai instansi penulis. Hindari pula penggunaan singkatan atau akronim dalam menulis abstrak sehingga tidak beranak mencantumkan catatan kaki maupun kutipan pustaka.

3. Menyertakan Kata Kunci Relevan

Kata kunci yang tercantum bersama abstrak merupakan indeks penelusuran berkaitan intisari topik karya tulis yang dibuat. Tidak perlu detail hingga menjadi satu kalimat, cantumkan kata tunggal atau beberapa kata (3-5 kata) yang menjadi representasi topik karya tulis. Kata kunci kemudian diurutkan mulai dari yang paling umum dan penting hingga kata yang spesifik.

4. Menulis Abstrak Setelah Naskah Tuntas

Kendala yang SohibEbiz alami ketika membuat abstrak barangkali terdapat pada timing-nya. Pilihlah waktu yang tepat dalam membuat abstrak pada saat seluruh naskah karya tulis sudah terselesaikan secara utuh. Hal tersebut akan jauh efisien untuk dapat merancang abstrak yang memuat seluruh intisari tulisan. Bayangkan saja betapa gregetnya ketika harus menulis abstrak, namun beberapa bagian harus diskip terlebih dahulu karena di naskah belum beres. Naskah tulisan belum selesai, apalagi bagian abstrak-nya yang masih harus menunggu kloter pengerjaan hingga kelar.

Cara Membuat Abstrak Otomatis

Di era menjamurnya manusia-manusia deadliner seperti saat ini, tentu ada banyak alternatif yang dapat dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan. Cara otomatis tersebut pula yang banyak dipilih dalam membuat abstrak skripsi maupun karya tulis lainnya. Tidak perlu heran, terdapat banyak situs-situs di internet yang menawarkan kemudahan sekali klik untuk membuat abstrak. Barangkali SohibEbiz ada pula yang sudah pernah coba-coba berkunjung ke website pembuat abstrak otomatis seperti Classgist atau writemeanabstract.com. Teks abstrak memang berhasil dibuat dengan sekali klik, namun masalahnya bukan berkurang justru bertambah menjadi

“Hasil abstrak ini valid tidak ya? atau jangan-jangan plagiat lagi nih?”

Jawaban pastinya, tidak ada ‘karya’ yang instan. Termasuk dalam membuat karya dalam bentuk suatu karya, tentu membutuhkan niat dan proses pemikiran yang berharga. Secara konteks dan konten, abstrak memiliki unsur-unsurnya tersendiri yang dapat dengan mudah terindikasi apabila ada yang belum sesuai. Oleh karena itu, membuat abstrak skripsi otomatis belum tentu menjamin lolos revisian ya!.

Contoh Abstrak Skripsi/Karya Ilmiah

Berikut merupakan contoh abstrak karya ilmiah dalam dua versi yaitu, versi abstrak karya orisinal dan versi abstrak generator.

1. Versi Abstrak Karya Orisinal

ABSTRAK

Pembelajaran biologi tidak dapat dipisahkan dengan konteks lingkungan termasuk kearifan lokal. Tradisi maauwo merupakan kegiatan penangkapan ikan hanya boleh dilakukan sekali dalam 1 tahun di kabupaten kampar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan merekonstruksi pengetahuan sains ilmiah (scientific knowledge) dari tradisi maauwo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis etnosains dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles-Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi maauwo sebagai salah bagian dalam sistem pengelolaan sumber daya perairan di danau bakuok. Masyarakat dilarang mengambil ikan dalam periode tertentu, dilarang untuk menyentrum maupun meracuni ikan serta menanami sawit di tepi danau bakuok. Penerapan aturan tersebut memiliki nilai konservasi lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekologi di danau bakuok. Kearifan lokal maauwo di danau bakuok memiliki potensi sebagai sumber belajar biologi pada materi pelestarian ekosistem dan pencemaran lingkungan.

Kata kunci: pembelajaran biologi; kearifan lokal; maauwo; etnosains

Abstrak Orisinal Artikel Ilmiah Kajian Etnosains Tradisi Maauwo Di Danau Bakuok sebagai Sumber Pembelajaran Biologi

2. Versi Abstrak Generator

ABSTRAK

Salah satu kearifan lokal masyarakat riau adalah tradisi maauwo. Tradisi ini berupa penangkapan ikan yang dilakukan secara bersama sama yang dilaksanakan di Danau Bakuok. Danau ini merupakan salah satu contoh suaka perikanan di kabupaten Kampar, provinsi Riau yang menerapkan sistem pengelolaannya berdasarkan hukum adat. Kegiatan penangkapan ikan secara adat yang dilakukan 1 tahun sekali sehingga dikenal dengan istilah “Maauwo”. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merekonstruksi pengetahuan masyarakat (indigeneous science) tentang tradisi maauwo menjadi pengetahuan sains (scientific knowledge).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis etnosains. Lokasi penelitian terletak di desa Aursati, Kabupaten Kampar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2020. Kegiatan observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung lokasi Danau Bakuok Desa Aursati sebagai tempat dilakukan tradisi maauwo. Wawancara bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang tradisi maauwo di danau Bakuok, desa Aur Sati. Narasumber yang digunakan adalah tokoh adat, pemerintahan desa dan masyarakat untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang tradisi maauwo dan sistem pengelolaan danau bakuok Bakuok di Desa Aursati. Proses rekonstruksi pengetahuan lokal (indigineous local) difokuskan pada kepercayaan masyarakat dan aturan yang diberlakukan di danau bakuok. Analisis data menggunakan model Miles-Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pembelajaran biologi sangat relevan dikaitkan dengan kearifan lokal tentang alam sekitar karena pada hakikatnya pembelajaran biologi terkonsentrasi pada lingkungan sekitar (Tillery et al., 2011). Sehingga pemanfataan kearifan lokal seperti tradisi Maauwo di Danau Bakuok dalam pembelajaran biologi dapat membantu siswa memahami konsep sains melalui isu konteksual yang berhubungan erat dengan kehidupan siswa.Tradisi Maauwo adalah sebuah tradisi masyarakat Kampar untuk menangkap ikan di danau Bakuok secara bersama-sama. Tradisi maauwo sebagai salah bagian dalam sistem pengelolaan sumber daya peraiaran di danau bakuok. Masyarakat dilarang mengambil ikan dalam periode tertentu, dilarang untuk menyentrum maupun meracun ikan serta menanami sawit di tepi danau tersebut.Penerapan aturan tersebut memiliki nilai konservasi lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di danau bakuok. Kearifan lokal ini memiliki potensi yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran biologi.

Abstrak Hasil Situs Pembuat Abstrak Otomatis Classgist

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengikuti kelas gratis ebizmark.id atau kelas intensif yang lebih mendalam. Banyak kelas yang ebizmark sediakan untuk membantu anda dalam memahami permasalahan dalam penelitian, mulai dari penentuan topik, metode penelitian, olah data statistik, bahkan publikasi jurnal nasional ataupun internasional (Scopus).

2 Comments.

  1. Masyaallah. Alhamdulillah. Allah tautkan hati saya ke ebizmark di saat saya stuck di tengah perjalanan. Terbuka mata hati saya. Alhamdulillah Allah permudah. Jazzakallah khair untuk team ebizmark. Lemah teles, Gusti sing mbales pahala surga. Aamiin.

  2. Ping-balik: porn

Comments are closed.