fbpx

Makalah Penelitian: Perhatikan Dulu Struktur Penulisannya Sebelum Membuatnya

Membuat Makalah Penelitian

Sebagai mahasiswa, pasti sudah familiar dengan makalah. Namun, kata ‘makalah’ bisa jadi baru pertama kali didengar oleh mahasiswa baru. Apalagi kata-kata ‘makalah penelitian’. Sudah gitu, tugas kuliah pertama yang diberikan adalah makalah penelitian. Nah, jadi tambah bingung bagaimana cara membuatnya.

Untuk definisinya, menurut KBBI, makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah. Sedangkan penelitian merupakan hasil representasi data atau fakta-fakta yang didapatkan dari observasi serta investigasi yang diolah secara sistematis. Jadi, makalah penelitian itu dapat diartikan sebagai karya tulis dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti.

Karena makalah memiliki struktur penulisannya sendiri, jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana struktur penulisannya sebelum membuat makalah penelitian. Simak di bawah ini untuk mengetahui bagaimana struktur penulisan makalah penelitian!

Struktur Penulisan Makalah Penelitian

1. Cover

Di halaman paling depan, tentunya harus ada cover atau sampul yang menunjukkan judul makalah si penulis. Biasanya isi dari cover makalah adalah judul, logo, identitas penulis (seperti nama, NIM, dan jurusan), tempat, serta tahun terbit. Namun disesuaikan kembali ke kaidah penulisan dari universitas atau institusi kalian masing-masing, ya.

2. Kata Pengantar

Sebagai pembukaan, ungkapan puji syukur, dan apresiasi kepada semua yang telah terlibat dalam penyusunan makalah penelitian penulis, kata pengantar wajib dimasukkan setelah cover. Penulis juga bisa menambahkan gambaran umum tentang isi makalah di kata pengantar.

3. Daftar Isi

Daftar isi merupakan informasi tentang apa saja yang termuat di dalam makalah beserta informasi halamannya. Adanya daftar isi memudahkan pembaca untuk mengetahui ada apa saja di dalam makalah dan halamannya. Jika ada tabel atau gambar di dalam makalah, buatlah daftar halamannya juga di bawah daftar isi.

4. BAB 1: Pendahuluan

Setelah daftar isi, kita masuk ke BAB 1 atau Pendahuluan. Umumnya pendahuluan berisi Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Manfaat Penelitian.

  • Latar Belakang

Latar belakang merupakan tahap yang penting karena di sini penulis harus memaparkan apa saja yang mendasari penulis membuat makalah penelitian tersebut. Langkah yang pertama ditulis di latar belakang adalah fenomena yang berkaitan dengan topik dan dilanjut bahwa karena itulah penulis ingin melakukan penelitian mengenai topik tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan pustaka atau referensi yang relevan, ya!

  • Rumusan Masalah

Daftar pertanyaan mengenai apa saja yang akan diteliti. Rumusan masalah ini dibuat dalam bentuk kalimat tanya.

  • Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan informasi mengenai apa saja yang ingin dicapai oleh penulis. Biasanya tujuan penelitian ditulis dalam bentuk jawaban dari rumusan masalah.

  • Manfaat Penelitian

Di sini penulis harus memaparkan kegunaan makalah untuk pihak lain, baik secara teoritis maupun praktis.

5. BAB 2: Pembahasan

Di BAB 2 atau bagian Pembahasan ini, penulis harus mencantumkan kajian pustaka atau isi materi dari pokok permasalahan di BAB 1. Di sini penulis harus menguraikan landasan teori dan materi yang bisa didapat dari jurnal, buku, artikel, dan lain-lain sebagai referensi. Setelah itu, penulis harus memaparkan hasil dari penelitian yang dilakukan atau penyelesaian rumusan masalah. Selain itu, penulis juga bisa menambahkan opini yang berkaitan dengan kajian pustaka dan temuan penelitian.

6. BAB 3: Penutup

Di BAB terakhir atau bagian Penutup, umumnya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan ringkasan dari serangkaian penelitian yang dilakukan. Sedangkan saran adalah harapan untuk pembaca agar makalah penelitian si penulis dapat dikembangkan lagi oleh orang lain.

7. Daftar Pustaka

Setiap makalah penelitian tentunya memakai referensi, entah itu dari jurnal, buku, artikel, dan lain-lain. Daftar referensi tersebut harus dicantumkan semuanya di bagian Daftar Pustaka. Untuk sistem penulisannya, ada banyak cara menulisnya. Namun yang paling umum digunakan adalah APA style. Kamu bisa cari contohnya di internet, ya!

Itu dia struktur penulisan makalah penelitian. Setelah tahu strukturnya, jangan sampai ada kesalahan lagi dalam membuatnya, ya!

Baca terus artikel ebizmark untuk menambah pengetahuan tentang penulisan, makalah, skripsi, dan penelitian. Follow social media instagram @ebizmark.id untuk mendapatkan konten menarik.

About The Author

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.